Headlines News :
Home » » Kenapa Satu per Satu Maskapai Berguguran

Kenapa Satu per Satu Maskapai Berguguran

Written By Admin on Kamis, 13 Januari 2011 | 19.10

Home > Kabar Berita Penerbangan > Kenapa Satu per Satu Maskapai Berguguran

Kenapa Satu per Satu Maskapai Berguguran
Bukan hanya butuh modal besar, namun juga perlu strategi yang tepat.

Kamis, 13 Januari 2011, 12:04 WIB
Nur Farida Ahniar, Hadi Suprapto

VIVAnews - Maskapai Mandala Airlines berhenti beroperasi untuk sementara. Keputusan itu mengejutkan banyak pihak karena Mandala selama ini dikenal sebagai salah satu maskapai besar di Indonesia.

Berhenti operasinya Mandala karena adanya masalah keuangan dan internal perusahaan lainnya. Mandala berhenti beroperasi selama 45 hari sesuai dengan masa waktu pengajuan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Tidak hanya Mandala, dulu Adam Air juga pernah limbung karena kekurangan modal. Keduanya sama-sama terlilit masalah karena sang investor mulai menarik diri.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti, bisnis penerbangan sesungguhnya bukan bisnis yang murah. Untuk mendapatkan izin operasi, maskapai harus mempunyai minimal 10 pesawat agar bisa bersaing dengan maskapai lain.

Bisnis penerbangan bukanlah bisnis murah. Bisnis ini ini minimal mendatangkan 10 pesawat, bukan barang yang murah, ujar dia kepada VIVAnews.com di Jakarta, Kamis, 13 Januari 2011.

Biaya mendatangkan pesawat bisa dengan membeli atau menyewa. Minimal maskapai harus bisa mempertahankan operasinya selama satu tahun. Selama enam bulan pertama, kondisi keuangan maskapai pasti mengalami kesulitan atau rugi.

Kementerian Perhubungan menyayangkan kesulitan yang melilit Mandala, karena maskapai itu sudah tumbuh dengan baik. Kami harapkan sudah bisa buka lagi, ujarnya.

Mantan direktur utama maskapai yang pernah limbung, Adam Air, Adam Suherman, menceritakan pahitnya bisnis ini. Persaingan yang semakin ketat, harga sewa yang mahal, hingga biaya bahan bakar yang tinggi, menjadi alasan utama bisnis penerbangan sering kolaps.

Apalagi bila perusahaan hanya mengelola kurang dari 10 pesawat, bisnis ini susah menutupi biaya-biaya operasional perusahaan.

Sumber: http://headlines.vivanews.com/news/read/199076--bisnis-penerbangan-bukanlah-bisnis-murah-

--------------------------------
--------------------------------
--------------------------------
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kafila Travel : 021-87780234 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template